Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Kebumen punya aplikasi SIBUBA (Sistem Buku Bantu Bendahara Pengeluaran)

Berita Terbaru 09 Juli 2018 14:25:35 WIB admin (mfa). dibaca 450 kali

KEBUMEN – Dalam pengelolaan keuangan daerah, penggunaan teknologi informasi merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi, untuk membantu pengelolaan data yang lebih cepat, efektif dan efisien. Sistem Buku Bantu Bendahara Pengeluaran atau disingkat SIBUBA adalah seperangkat aplikasi komputer yang digunakan untuk membantu proses administrasi data pada SKPD/Unit Kerja terutama untuk memproses transaksi non tunai belanja langsung daerah dan meminimalkan kesalahan karena human error.

Dengan adanya aplikasi SIBUBA yang terintegrasi secara Host to Host dengan CMS Bank Jateng, diharapkan mempermudah proses transaksi non tunai Tujuan pengembangan SIBUBA  diantaranya (1) Terciptanya tertib administrasi pengendalian intern belanja langsung, (2) Meningkatkan pengawasan dan pengendalian kegiatan belanja langsung daerah, dan (3) Dapat menyajikan laporan pertanggungjawaban belanja dengan cepat dan akurat 

Plt. Bupati Kebumen, KH. Yazid Mahfudz menyambut baik adanya inovasi SIBUBA, “kegiatan-kegiatan seperti ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk meningkatkan kapasitas dan inovasi, sebagai upaya perwujudan tata kelola pemerintahan, reformasi birokrasi yang berfokus pada perwujudan instansi pemerintah yang bersih dan akuntabel, organisasi dan proses bisnis yang ramping, efisien dan berbasis teknologi informasi, manajemen sumber daya manusia aparatur yang profesional, serta pelayanan publik yang berkualitas”, tegas beliu. Selain itu beliau berharap acara ini mampu menjadi wahana dalam rangka mendorong optimalisasi disiplin anggaran kas dalam proses transaksi non tunai yang dikelola SKPD/Unit Kerja berbasis Teknologi Informasi, sehingga meningkatkan pengendalian intern belanja daerah dan meminimalkan kesalahan karena human error.

Acara launching SIBUBA berlangsung di halaman aula BPKAD Kabupaten Kebumen, dihadiri perwakilan dari Perangkat Daerah, Penyedia Jasa dan unsur perbankan. Acara ditutup dengan pemencetan tombol sirine oleh Plt. Bupati Kebumen yang diiringi tepuk tangan tamu undangan sebagai tanda diberlakukannya aplikasi SIBUBA. (mfa)