Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Bidang / Aset dan Akuntansi

Aset dan Akuntansi

Bidang Aset dan Akuntansi mempunyai tugas melaksanakan perumusan rencana, pengoordinasian, pelaksanaan kebijakan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pengelolaan aset dan akuntansi.

Dalam melaksanakan tugas, Bidang Aset dan Akuntansi menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusunan rencana kebutuhan barang milik daerah;
  2. Penyusunan rencana kebutuhan pemeliharaan/perawatan barang milik Daerah;
  3. Pelaksanaan  invetarisasi  dan  pengolahan  data  administrasi  barang  milik
    Daerah;
  4. Pengendalian   penggunaan,   pemanfaatan,   pemusnahan   dan   penghapusan barang milik Daerah;
  5. Pelaksanaan pemindahtanganan;
  6. Penyimpanan seluruh bukti sah kepemilikan barang milik daerah berupa tanah dan kendaraan operasional;
  7. Menyiapkan Surat Keputusan Sekretaris Daerah tentang penunjukan Pengurus
    Barang/Pengurus Barang Pembantu;
  8. Penggoordinasian proses akuntansi dan pelaporan keuangan Daerah;
  9. Pelaksanaan pengelolaan utang dan piutang/kerugian Daerah;
  10. Pelaksanaan penyusunan laporan semesteran dan laporan pertanggungjawaban
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah;
  11. Penyajian  informasi  keuangan  Daerah  dan  pengembangan  sistem  informasi pengelolaan keuangan Daerah;
  12. Pengesahan    laporan    pertanggungjawaban    fungsional    penerimaan    dan pengeluaran Perangkat Daerah;
  13. Pengesahan Surat Pengesahan Pendapatan dan Belanja;
  14. Pelaksanaan  bimbingan  teknis,  monitoring  dan  evaluasi  kepada  Perangkat
    Daerah sesuai bidang tugasnya; dan
  15. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai tugas dan fungsinya.

Subbidang pada Bidang Aset dan Akuntansi dipimpin oleh Kepala Subbidang yang berada  di  bawah  dan  bertanggung  jawab  kepada  Kepala  Bidang  Aset  dan Akuntansi.

  • Subbidang Analisa Kebutuhan dan Penatausahaan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi inventarisasi dan pengolahan data barang milik daerah, pengkajian analisa kebutuhan barang berdasarkan hasil pengolahan data guna melakukan  evaluasi terhadap  belanja  pengadaan barang, penyusunan Rencana Kebutuhan  Barang  Daerah  dan  rencana  kebutuhan  pemeliharaan/perawatan barang milik daerah, penyusunan dan penyampaian Laporan Barang Milik Daerah Semesteran dan Tahunan.
  • Subbidang Pemanfaatan, Pengamanan dan Pemindahtanganan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pengendalian atas penggunaan, pemanfaatan, pemusnahan dan penghapusan barang milik daerah, penyimpanan bukti kepemilikan barang milik daerah berupa tanah dan kendaraan operasional, pelaksanaan proses pemindahtanganan.
  • Subbidang Akuntansi dan Pelaporan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pengoordinasian proses akuntansi dan pelaporan keuangan Daerah, penyusunan laporan realisasi semesteran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, penyiapan penyusunan laporan keuangan Pemerintah Daerah, penyiapan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, pelaksanaan sinkronisasi data keuangan dengan Perangkat Daerah dalam rangka pelaksanaan proses akuntansi dan pelaporan keuangan daerah, penyajian informasi keuangan Daerah, pengelolaan piutang/kerugian Daerah, penyiapan pengesahan laporan pertanggungjawaban fungsional penerimaan dan pengeluaran Perangkat   Daerah,   penyiapan   Surat   Pengesahan   Pendapatan   dan   Belanja, penyiapan penyusunan kebijakan dan pedoman sesuai bidang tugasnya, pelaksanaan monitoring dan evaluasi kepada Perangkat Daerah sesuai bidang tugasnya.